logo blog

unsur unsur peta

Baca Juga

assalamualaikum wr.wb

Halo sobat saya kembali posting ( Alhamdulillah) , setelah lama ga post pada kesempatan kali ini saya akan posting unsur unsur peta !!! semoga bisa bermanfaat dan juga bisa membantu …..

Unsur unsur peta

Judul peta

     Setiap peta pasti akan mencantumkan judul peta. Judul peta biasanya ditulis dibagian atas denagn huruf capital missal : PETA JAWA BARAT , PETA INDONESIA.

Skala peta

      Apa itu skala ? skala adalah perbandingan antara jarak dua buah titik (tempat) dip eta dengan jaeak sesungguhnya. Skala sangat penting dalm peta . sebuah peta selalu dibuat jauh lebih kecil dari keadaan sebenarnya. Hanya denagn bantuan skala orang dapt memperoleh ukuran , jark, dan luas wilayah dari peta yang bersangkutan.
Ada 2 macam skala : skala angka dan skala garis.
Kita akan bahas lebih mendalam tentang macam macam skala…

  • Skala angka ( numeric)

      Seperti yang telah kita bahas diatas peta merupakan gamabran objek atau kenampakan muka bumi yang diperkecil dengan menggunakan skala Skala angka disebut juga skala perbandingan . skala ini biasanya terletak di bagian bawah missal: 1:10.000 ( dibaca 1 berbanding 10.000) artinya jarak 1 cm di peta sam dengan 10.000 cm di permukaan bumi.

  • Skala garis (grafis)

      Skala ini merupakan skala yang menggunakan ruas garis sebagai pembanding jarak. Penggunaan skala ini lebih mudah daripada skala angka. Contoh
Skala garis diatas menunjukan bahwa 1 cm dip eta sama denagn 1 km jarak sebenarnya.

Orientasi peta

      Orientasi peta adalah petunjuk arah pada peta. Orientasi umumnya digambarkan denagn anak panah tegak ke atas dan pada ujungnya dibubuhi huruf U. maksudnya bagian atas peta adalah arah utara. Denagn demikian sisi kanan : timur , sisi kiri : barat , sisi bawah : selatan.

Legenda

      Legenda adalah keterangan yang menjelaskan symbol symbol peta. Legenda berbeda denagn symbol peta.
Perbedaanya adalah symbol letaknya didalam muka peta ,gunanya untuk menggambarkan unsur atau objek muka bumi. Sedangkan legenda letaknya diluar muka peta dan gunanya untuk member keterangan tentang arti symbol.
Garis lintang dan garis bujur
     Pada peta perlu dicantumkan besaran drajat garis lintang dan garis bujur (grid peta). Hal ini ditujukan untuk mengetahui letak suatu tempat atau kedudukan geografisnya dipermukaan bumi. Grid pada peta diambil dari grid pada globe. Grid tersebut berupa garis lintang dan garis bujur. Garis vertical adalh garis bujur atau garis meridian sedangkan garis horizontal adalah garis lintang.

Mungkin sekian yang bisa saya sampaikan mungkin bisa bermanfaat .
Sekian dan terimakasih …..

Wassalamualaikum wr.wb

Share this

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER