logo blog

peristiwa alam

Baca Juga

Macam macam peristiwa alam

   lingkungan alam di sekitarmu  Ada tanah, air, udara, hewan, dan tumbuhan. Kita harus menjaga kelestariannya. Kerusakan alam berakibat merugikan kita. Bencana alam bisa berupa gempa bumi, gunung meletus, angin topan,erosi, banjir dan kemarau.
   Bencana alam tsb bisa diakibatkan oleh factor alam dan manusia. Disini kita akan membahas tentang macam macam peristiwa alam.

  1. gunung meletus


    karena Indonesia terletak di kawasan lautan pasifik yang terkenal dengan gunung berapinya, jadi banyak sekali gunung berapi aktif di indonesia dan suatu saat bisa saja meletus.
    gunung meletus terjadi akibat endapan magma didialam perut bumi yang didorong olehgas yng bertekanan tinggi. Gunung saat meletus akan mengeluarkan material berupa debu vulkanik, batuan, kerikil, pasir dan lumpur. 

Akibat dari gunung meletus 

Terbakarnya hutan dan tumbuhan di sekitarnya
Lahan pertanian dan permukiman menjadi rusak
Polusi udara dan gas beracun yang mengancam keselamatan makhluk hidup.
Berkurangnya sumber air bersih karena debu dan lumpur

   2.Gempa bumi 

   Gempa bumi atau seisme adalah gerakan di muka bumi yang terjadi karena adanya pergerakan tertentu di perut bumi. Gerakan itu bisa bersifat vertikal atau horizontal akibat tekanan dan pergeseran lapisan kulit bumi. Ilmu yang mempelajari gempa bumi disebut seismologi.

Share this

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER