logo blog

energi listrik

Baca Juga

assalamualaikum wr.wb

Energi listrik

   Dikehidupan sehari hari pasti kalian tidak pernah terlepas dari penggunaan energy listrik. Coba saja kita dirumah pasti sering nonton tv ,mendengarkan radio dan sebagainya. Disini kita akan membahas tentang gejala kelistrikan dan sumber listrik .
Gejala kelistrikan
   Ada dua jenis muatan listrik,yaitu muatan positif (+) atau proton dan muatan negative (-) elektron .jumlah muatan listrik pada setiap benda sama.gejala kelistrikan muncul ketika kedua muatan tersebut tidak sama. Untuk mengetahui adanya gejala kelistrikan coba lakukan kegiatan brikut :
Kamu dapat mengamati gejala kelistrikan pada penggaris
Bahan bahan :
1.penggaris
2.potongan kertas kecil
Cara cara :
1.Gosokkan penggaris plastik pada rambut kering.
2.Dekatkan penggaris pada potongan kertas.
Potongan kertas kecil tadi akan tertarik
Sumber energi listrik
   Listrik dapat dimanfaatkan untuk menyalakan lampu,manghidupkan computer dan masih banyak lagi,pernahkah kamu berfikir dari manakah sumber energy tsb. Benda yang dapat menghasilkan arus listrik dinamakan sumber energi listrik .

  • Baterai 


berisi zat kimia yang dapat berubah menjadi
energi listrik. Apabila kutub positif (+) dan kutub negatif (–) dihubungkan dengan menggunakan kawat, arus listrik akan mengalir sumber energi listrik, misalnya baterai.


  •  aki 


adalah elemen basah,karena didalam aki terdapat larutan yang disebut dengan asam sulfat,fungsinya sebagai penghantar atau elektrolit.pada aki,kutud negativnya adalah alat timbale dan kutub positifnya platimbal peroksidaaki dapat menghasilkan kekuata listrik yang lebih besar dari pada baterai,aki biasanya terdapat pada mobil dan motor.


  • Dinamo 

Alat yang dapat mengubah energy gerak menjadi energy listrik. Dynamo terdiri atas kumparan dan magnet . magnet tersebut terdapat diantara kumparan dan terhubung dengan kepala dynamo.

  • Generator 

Sama saja dengan dynamo tetapi energy yang dihasilkan generator lebih besar.

  • matahari

sumber energy alami dan terbesar adalah matahari.energy yang dihasilkan matahari adalah energy panas dan cahaya.seiring kemajuan technology,energy panas matahari dapat diubah menjadi energy listrik dengan sebuah alat yang dinamakan sel surya. Sel surya dapat diletakan dimana terdapat cahaya matahari.

  • Nuklir

Nuklir adalah sumber energy yang sangat besar,energy nuklir dihasilkan dari reaksi atom di dalam sebuah reactor.nuklir dapat digunakan sebagai pembangkit listrik.bahkan satu gardu dapat menerangkan satu kota besar,PLTN tidak bisa menimbulkan polusi namun apabila ada kebocoran dapat menimbulkan radiasi yang mengakibatkan kecacatan bahkan kematian.

sekian dari saya semoga bermanfaat dan terimakasih

wassalamualaikum wr.wb

Share this

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER