logo blog

zona laut menurut letak dan kedalaman

Baca Juga

assalamualaikum wr.wb

sekarang kita kembali lagi di blog pemula yang bermanfaat !!!!!!

Zona laut menurut letak dan kedalaman

     Karena luas laut Negara kita sangat luas ,kita masih belum sepenuhnya mampu untuk menjaga laut .Sering terdengar di berita berita kalau laut Indonesia masih saja doterobos maling maling ikan dari luar negri…..
     saya merasa miris ( saya berharap pertahanan laut Negara kita bisa lebih ditingkatkan )

Berdasarkan letaknya , laut dibagi menjadi 3 yaitu :

  • Laut pedalaman (continental sea)

     Laut pedalaman adalah laut yang terletak diantara dua benua.sesuai dengan namanya laut ini menjorok ke pedalaman atau dikelilingi oleh daratan.karena letaknya tsb,laut ini tidak dipengaruhi arus samudra dan tidak mengalami pasang surut.kadar garamnya juga berbeda dengan laut pada umumnya.contoh laut pedalaman adalah laut kaspia,laut hitam,dan laut mati.

  • Laut tepi

     Laut tepi adalah laut yg terdapat pada landas benua atau di benua,tetapi berhubungan bebas dengan samudra.karena letaknya di tepi maka arus pasang samudra memengaruhi arus di laut tepi.contoh laut tepi adalah laut jepang,laut arab,laut utara,dan laut cina selatan.

  • Laut pertengahan

     Laut pertengahan adalah laut yang berada di tengah-tengah benua.contoh laut pertengahan adalah laut merah dan laut mediteran.

berdasarkan kedalamanya laut dibagi menjaid beberapa zona / wilayah :


  • Wilayah pasang (littoral)

    Yaitu wilayah alut yang terletak diantara pasang naik tertinggi dan pasang surut terendah . ikan tidak bisa hidup diwilayah ini , tetapi beberapa jenis binatang dapt dijumpai pada wilayah ini.

  • Wilayah laut dangkal ( neritic)

    Sesuai denagn namanya , wilayah ini relative dangkal sehingga masih dimungkinkan sinar matahari masuk sampai ke dasar laut. Zona laut ini terletak mulai dari batas air laut terendah sampai kedalaman 200 meter. Indonesia memiliki wilayah laut dangkal yg cukup luas seperti landas kontinen sunda(laut Jawa,Laut Natuna,Riau Kepulauan,Selat Malaka)dan landas kontinen sahul(Laut Arafuru).wilayah-wilayah tsb tentunya menyimpan kekayaan berupa flora dan fauna.

Ciri-ciri wilayah ini adalah sebagai berikut.


  1. paling dalam mencapai 200 meter.
  2. sinar matahari masih tembus sampai kedasar alut.
  3. paling banyak dihuni oleh binatang dan tumbuhan laut.



  • Wilayah lautan dalam(bathyal)

    Wilayah ini berada pada kedalaman antara lebih dari 200 meter sampai 2000 meter. sinar matahari tidak mampu menembus sampai kedasar laut seperti pada wilayah laut dangkal.dengan demikian jumlah dan jenis binatang yang hidup pada wilayah ini lebih sedikit di banding wilayah laut dangkal. Biasanya ikan ikian besar yang berdiam dizona ini.

  • Wilayah lautan sangat dalam(abyssal)

     Wilayah ini berada pada kedalaman lebih dari 2000 meter.dengan kedalaman tsb,tumbuhan tidak mampu lagi bertahan kerena tidak ada sinar matahari.karena itu jumlah dan jenis hewan pun terbatas,kecuali hewan yang telah beradaptasi dengan lingkungan tsb.

mungkin hanya sampai disini post kali ini, saya akan terus berusaha memperbaiki kalimat kalimat yang salah !!!!!terimakasih

wassalamualaikum wr.wb

Share this

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER