logo blog

angin dan jenis jenisnya

Baca Juga

assalmualaikum wr.wb

Jenis jenis angin

    Apabila kamu sedang kepansan pasti kamu berharap ada angin sepoi sepoi yang menerpa kamu ! kalau tidak ada pun kamu pasti menyalakan kipas angin !!iya kan ….iya dong….. benarkan ….. so pasti benar donk .
    Tapi tahukah kamu apa itu angin ? secara umum angin adalah udara yang bergerak dari akibat rotasi bumi dan perbedaan tekanan udara disekelilingnya. Angin bergerak dari tempat yang bertekanan tinggi ke tempat yang bertekanan lebih rendah.
Kita lanjut ke jenis jenis angin !!!

Jenis jenis angin :

Angin fohn

   Angin fohn juga bisa disebut angin jatuh. Angin fohn adalah angin jatuh yang panas dan kering. Maksudnya angin jatuh yaitu angin yang menuruni lereng gunung yang sebelumnya telah bergerak naik ke puncak gunung.
   Lebih jelasnya: pada saat angin naik ke puncak gunung , angin tsb mengalmi penurunan suhu dan mengalami pengembunan kemudian turun hujan pada saat melewati puncak gunung , angin tsb telah kring dan turun melewati puncak . namun pada saat bergerk turun menuju lembah suhu anginpun menurun , bahkan setelah sampai dilembahpun angin tsb suhunya lebih tinggi dari suhu udara di lembah . jadi ornag orang yang berada di lembah akan merasakan adanya aliran angin yang panas dan kering .

Angin darat dan angin laut


  • Angin darat : angin yang bergerak dari arah darat menuju ke laut, biasanya terjadi pada malam hari pukul 20.00 -06.00 .
  • Angin laut : angin yang bergerak dari laut menuju ke darat, pada umumnya terjadi pada saat siang hari pukul 09.00- 16.00 .

   Terjadinya angin darat dan laut kerena adanya perbedaan sifat fisik antara darat dan laut . daratan memiliki sifat lebih cepat panas dibanding dengan lautan , akibatnya pada siang hari tekanan udara di daratan lebih rendah dari pada di lautan . karena itu angin bergerak dari laut ke darat dan terbentuklah angin laut.

Angin gunung dan angin lembah


  • Angin lembah : angin yang tiupanya dari lembah ke puncak gunung . maksudnya (pada siang hari bagian lerang gunung akan lebih banyak dipansi sinar matahari dibandingkan denagn bagian lembah nya. Akibatnya terjadi pebedaan tekanan udara antara lerang gunung dan lembah. Sehingga angin bergerak dari lembah menuju lerang gunung) .
  • Angin gunung : angin yang tiupannya dari puncak gunung ke lembah gunung . maksudnya (pada malam hari lerang gunung suhunya lebih rendah disbandingkan dengan lembah . akibatnya tekanan udara dilereng gunung lebih tinggi dibandingkan dengan bagian lembahnya ).
mungkin hanya sampai disini pembahasan tentang jenis jenis angin !!! kurang dan lebihnya mohon dimaafkan .

wassalamualaikum wr.wb

Share this

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER