logo blog

jenis jenis otot

Baca Juga

Assalamualaikum wr.wb
   Oke , saya hadir kembali menemani kalian . sekarang saya akan membahas tentang otot....
Sebelum kepembahasan terlebih dahulu saya mau bertanya " dengan apa manusia bergerak ? " apakah ada yang tahu! Kalau belum tau saya akan jawab sambil menerangkan ( ribet amat.....)

Jenis jenis otot

Terlebih dahulu saya akan menjawab pertanyaan diatas dengan apa manusia bergerak ? Dengan rangka dan otot . rangka tersrbut tidak dapat bergerak sendiri melainkan dibantu  oleh otot. Dalam tubuh manusia ada 3 jenis otot yaitu otot lurik ,otot polos dan otot jantung. Lebih lengkapnya lagi lihat dibawah ini

  • Otot lurik 


Otot lurik juga sering disebut otot rangka , sebab otot lurik merupakan otot yg menempel dirangka tubuh manusia . cara kerja otot ini dengan menjalankan gerakan yg diperoleh dari sinyal motorik. 
Ciri ciri otot lurik :
1. Bekerja menurut kemauan /sadar (volunter)
2. Memiliki inti banyak dibagian tepi
3. Sel otot rangka lebih panjang dibamdingkan dengan sel otot polos dan jantung
4. Memiliki daerah terang dan gelap yg tersusun rapi (lurik)
5. Merrspon rangsangan dengan cepat 

contoh :otot pada tulang

  • Otot polos


Otot polos adalah otot yg bekerja tanpa kesadaran kita yg berarti dipengaruhi oleh sistem saraf tak sadar atau saraf otonom.

  Ciri ciri otot polos

1. Berbentuk gelondong 
2. Memiliki inti satu ditengah
3. Tdk memiliki daerah gelap dan  terang 
4. Serabut askin dan mioskin tidak tersusun rapi
5. Lambat merespon rangsangan

contoh otot polos : otot pada dinding saluran pencernaan

  • Otot jantung


Otot jantung adalah otot yg bekerja secara terus menerus tanpa istirahat. Otot jantung berfungsi memompa darah keseluruh tubuh . otot ini bekerja dibawah kesadaran manusia atau dipengaruhi oleh saraf simpatik dan parasimpatik.
Ciri ciri otot jantung :
1. Berbentuk seperti otot lurik
2. Bekerja tidak sadar ( involunter )
3. Mempunyai inti banyak ditengah
4. Sel otot jantung bercabang membentuk anyaman

contoh :otot pada jantung


Setelah saya cape cape nulis artikel ini akhirnya ketemu juga akhirnya , alhamdulillah .
Semoga artikel yg saya buat ini bisa bermanfaat bagi yg membaca ... 

Sekian dari saya dan terimakasih 

Wassalamualaikum wr.wb

Share this

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER