logo blog

ketergantungan antar mahluk hidup (simbiosis)

Baca Juga

Assalamualaikum wr.wb

Ketergantungan antar mahluk hidup

Mahluk hidup tidak bisa hidup sendiri tetapi mahluk hidup saling bergantung terhadap mahluk hidup lain. Saling ketergantungan berarti saling membutuhkan atau saling memerlukan.

Simbiosis antar mahluk hidup

sebelum kepembahasan apa itu simbiosis? Simbiosis adalah hubungan khusus antar mahluk hidup.

  • Simbiosis mutualisme 

   Simbiosis mutualisme yaitu hubungan antara dua mahluk hidup yg bersifat saling menguntungkan. Contohnya adalah burung jalak dengan kerbau pastinya kalian sudah tahu tentang kedua hewan ini karena sering muncul dalam buku paket, tapi kepada yg belum mengetahui saya akan memberi penjelasannya, simbiosis mutualisme antar burung jalak dengan kerbau yaitu kerbau mendapat keuntungan dengan habisnya kutu kutu yg menempel pada tubuhnya, sedangkan burung jalak juga memperoleh untung karena mendapat makanan berupa kutu.

  • Simbiosis parasitisme

   Hubungan antar dua organisme yg berbeda jenis dimana salah satu pihak mendapat keuntungan dan pihak lain mendapat kerugian. Contohnya, hubungan yang terjadi antara tanaman jeruk dengan benalu. penjelasannya : simbiosis parasitisme ada yg diuntungkan dan ada yg dirugikan, seperti benalu merasa untung karena mendapat makanan dari pohon jeruk, sedangkan pohon jeruk dirugikan karena makananya diambil oleh benalu.

  • Simbiosis komensalisme

   Simbiosis komensaliame adalah hubungan yang menguntungkan salah satu pihak. Contoh : ikan hiu dan ikan remora .ikan remora akan menenpel didekat tubuh ikan hiu, ikan remora akan ikut pergi/menjelajah kemanapun ikan hiu pergi. Ikan remora akan menjadi aman dari ancaman ikan pemangsa lain karena ikan pemangsa takut pada ikan hiu. Keuntungan didapat oleh ikan remora.

Maaf baru sedikit nanti kapan kapan saya menambahkan postingan ini, sekian dari saya dan terimakasih

Wassalamualaikum wr.wb

Share this

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER