logo blog

jenis hewan berdasar makananya

Baca Juga

Assalamualaikum wr.wb

Hy kawan kita berjumpa lagi di blog yg sederhana ini , tetapi walaupun sederhana ya tetap sederhana lah... Sedikit basa basi dulu lah . sekarang kita ke pembahasan tentang macam hewan , lebih jelasnya lihat dibawah ini..
   kita tahu, bahwa tdk semua hewan makan satu jenis makanan. tetapi hewan hewan punya jenis makanannya tersendiri. Jenis jenis hewan tersebut dapat dikenali berdasarkan jenis makanannya, Ada hewan pemakan tumbuhan ,ada pemakan daging ,dan ada juga yg pemakan segala . daripada basa basi mulu lebih baik kita lanjut ke pembahasan.

Jenis jenis hewan berdasarkan makananya

A. Hewan pemakan tumbuhan (herbivora)


   Herbivora dapat memakan tumbuhan berupa daun, biji, buah buahan. Contoh bisa kita lihat pada hewan hewan ternak seperti sapi, kerbau, kambing yg sedang makan rumput. Atau juga ayam yg sedang makan padi yg sedang dijemur untuk dikeringkan. Ayam juga suka makan biji bijian seperti biji jagung.
    Hewan pemakan tumbuhan, biji dan buah buahan tersebut dapat digolongkan herbivora. Hewan hewan yg termasuk herbivora umumnya memiliki gigi seri (untuk memotong motong makanan) dan gigi graham (untuk mengunyah makanan).
    Ada pula burung yg makan biji bijian , antara lain burung nuri,burung gelatik, burung parkit dll. Dan bentuk paruh burung pemakan biji bijian pendek, melengkung (setengah lingkaran) dan kukuh.

B. Hewan pemakan daging (karnivora)


   Karnivora atau pemakan daging bisa kita ketahui dengan binatang disekitar kita misalnya kucing yg sedang makan ikan .contoh lain dari hewan karnivora antara lain harimau, singa, macan, buaya, ikan hiu dll. Hewan hewan tsb termasuk pemburu yg aktif. 
   Hewan karnivora memiliki gigi graham khusus yg digunakan untuk mengunyah makanan , gigi seri yg kecil dan tajam berfungsi untuk menggigit dan memotong makanan, gigi taringnya panjang, besar, runcing berfungsi untuk mengoyak mangsanya.
   Jenis burung yang termasuk karnivora seperti burung  elang, buring hantu, rajawali, mempunyai cakar dan kuku yg tajam dan kuat. Bentuk paruh burung pemakan daging pendek, setengah melingkar, besar dan runcing. Ada juga burung pemakan daging yg mencari makan di rawa dan disawah seperti bangau, pacuk ular yg mempunyai paruh panjang, runcing dan tajam.

C. Hewan pemakan segala (omnivora)


    Setelah mengetahui hewan pemakan tumbuhan dan daging sekarang kita lanjut dengan yg ketiga sekaligus yg terakhir yaitu omnivora.
   Omnivora merupakan pemakan segala atau tumbuhan dimakan dagingpun dimakan. Contoh hewan pemakan segala adalah musang , apakah kamu tahu musang ? Musang adalah hewan pemakan segala maaf becanda dikit selain dikenal sebagai pencuri ayam musang juga merupakan hewan pemakan buah buahan . 
   Bentuk gigi omnivora adalah gabungan dari bentuk gigi herbivora dan karnivora. yaitu gigi graham omnivora berguna untuk melumat, gigi serinya untuk memotong dan gigi taringnya untuk mengerat makanan.
   Ada juga beberapa burung pemakan biji bijian dan daging contohnya burung kutilang, jalak dan cucakrawa. Bagaimana bentuk paruh burung burung tsb? Bentuk paruhnya panjang, kecil dan runcing. Bentuk paruh seperti itu sangat sesuai untuk mengambil makanan berupa tumbuhan dan beberapa hewan kecil yang berada di daun atau dibatang pohon.

Selesai deh pembahasan kali ini. Postingan yg ini kira kira diselesaikan selama 1 bulan, kenapa? Karena pada postingan kali ini banyak sekali gangguan jadi sering tertunda tunda.
Maaf ya ada yg tertinggal ... Bentuk, susunan dan jumlah gigi ada hubungannya dengan jenis makanannya yg dimakan.

Sekian dari saya apabila ada salah salah kata mohon dimaafkan

Wassalamualaikum wr.wb

Share this

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER