logo blog

bagian bagian panca indra

Baca Juga

Assalamualaikum wr.wb

Semuanya sehat , semoga sehat sehat aja yah ! Dan pada hari ini saya akan membahas tentang bagian bagian indra manusia . daripada panjang lebar lebih baik baca aja deh hehehe
...

Bagian bagian sistem indra manusia

Manusia memiliki alat tubuh yg berguna untuk mengetahui keadaan diluar tubuhnya misal mata untuk melihat , telinga untuk mendengar suara, lidah untuk mengecap ,hidung untuk mencium bau dan kulit untuk meraba. Kelima indra tsb lebih kita kita kenal dengan sebutan panca indra. Lebih jelasnya lihat dibawah ini

1. Indra penglihat (mata)

Dengan mata kita mengetahui bentuk, warna dan ukuran. 
   Bagian luar mata : alis mata , kelopak mata , kelenjar air mata dan bulu mata.
Bagian dalam mata : lapisan sclera,lapisan kloroid,retina, otot mata ,saraf mata. Kita harus memanfaatkan mata dengan sebaik baiknya .hahaha

2. indra pendengar (telinga)

Telinga merupakan indra pendengar, manusia hanya dapat mendengar suara dengan frekwensi 20-20.000 getaran per detik (hertz/hz).
Telinga terdiri atas 3 bagian yaitu bagian luar , bagian tengah dan bagian dalam.

  • Bagian luar terdiri atas daun telinga, lubang telinga dan gendang telinga.
  • Bagian tengah terdiri atas tulang martil , tulang landasan dan tulang sanggurdi.
  • Bagian dalam terdiri atas tingkap jorong ,tingkap bundar, 3 saluran setengah lingkaran dan rumah siput (koklea).

3. indra pembau (hidung)

Hidung terdiri atas dua bagian yaitu lubang hidung dan rongga hidung. Pada rongga hidung terdapat selaput lendir (membran mukus) dan bulu halus atau bulu hidung (silia). Dironggahidung bagian atas terdapat ujung ujung saraf pembau. Ujung ujung saraf pembau ini timbul bersama dengan rambut halus pada selaput lendir yg berada di dalam rongga hidung bagian atas.

4. indra pengecap (lidah)

Lidah adalah indra pengecap. Dengan lidah kita dapat merasakan berbagai macam rasa baik itu manis pahit atau yang lainnya. Rasa yg berbeda tersebut dikecap oleh bagian lidah yg berbeda pula . pada bagian lidah terdapat bintil bintil. Pada bintil bintil tersebut terdapat ujung ujung saraf pengecap yg sangat peka terhadap makanan atau minuman yg masuk kedalam mulut. 

5.indra peraba(kulit)

Tubuh kita diselimuti oleh kulit. kulit merupakan lapisan terluar daritubuh kita. Kulit merupakan indra peraba , dan kulit juga berfungsi mengatur suhu tubuh .
Kulit terdiri atas 3 bagian atau lapisan yaitu 
  • Epidermis , epidermis merupakan lapisan terluar dari kulit . epidermis tersusun dari kulit dari dan lapisan malpighi.
  • Dermis ,dermis berada dibawah atau disebelah dalam dari epidermis.
  • Hipodermis , hipodermis merupakan lapisan kulit paling dalam.
Selesai deh pembahasan tentang bagian bagian indra manusia. Mungkin kedepannya saya akan mengulas lebih dalam tentang indra manusia satu persatu, jadi ikuti terus perkembangan blog ini .
Sebelumnya saya minta maaf bila ada salah salah kata.

Wassalamualaikum wr.wb

Share this

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER